Politik

Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta atau Jabar? Ini Jawaban Airlangga Golkar

×

Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta atau Jabar? Ini Jawaban Airlangga Golkar

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Istimewa)

Tapakbatas.com – Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut hingga saat ini pihaknya masih melihat hasil survei terakhir untuk memutuskan nama calon yang akan maju pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) baik di Jakarta dan Jawa Barat (Jabar).

“Jabar dan DKI (Jakarta) masih menunggu terkait dengan survei terakhir,” ujar Airlangga saat dijumpai di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, (14/6/2024).

Salah satu nama figur internal Golkar yang digadang-gadang maju dalam Pilgub Jakarta ialah mantan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil atau Kang Emil. Airlangga belum memberikan jawaban pasti saat ditanyai apakah Kang Emil akan melanjutkan di Jabar atau bertarung di Jakarta.

“Kita lihat kombinasinya nanti,” jawabnya.

Airlangga juga mengaku masih mempelajari perihal kans duet Ridwan Kamil dan Ketum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep yang juga putra bungsu Jokowi.

“Ya itu masih kita pelajari seluruhnya,” katanya.

Soal Kang Emil yang akan berhadapan dengan Anies Baswedan, Airlangga memastikan Ridwan Kamil disiapkan untuk melawan siapa pun lawannya pada pilkada mendatang.

“Ya, pokoknya RK dipersiapkan untuk melawan siapa pun lawannya,” tegasnya.

Seperti diketahui, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mendukung Kang Emil pada Pilgub Jakarta.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan pihaknya tidak terlalu khawatir jika harus berhadapan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan padaPilgub Jakarta. Alasannya, mayoritas rakyat Jakarta menginginkan sosok gubernur baru lima tahun ke depan, figur kompetitif dan berprestasi seperti Ridwan Kamil.

“Saya paham banget situasi Jakarta yang menginginkan sosok (gubernur) yang baru, kebanyakan begitu,” ujar Habiburokhman kepada wartawan di gedung DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Apalagi, kata Habiburokhman, faktanya pada Pilpres 2024, Anies Baswedan juga kalah di Jakarta dari pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Meskipun, dia mengakui kekalahan Anies tersebut tipis.

Terkait hal itu, kata Habiburokhman, keputusan partainya mengusung Waketum Partai Golkar Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024 adalah tepat. Dia optimistis mantan gubernur Jawa Barat itu bisa mengalahkan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta.

“Saya pikir kalau Pak Ridwan Kamil itu bisa sangat kompetitif kalau dengan Pak Anies,” tandas dia.

Source : Ridwan Kamil untuk Pilkada Jakarta atau Jabar? Ini Jawaban Airlangga Golkar