Nasional

Sejumlah Media Asing Ikut Soroti Aksi Bela Palestina di Monas

×

Sejumlah Media Asing Ikut Soroti Aksi Bela Palestina di Monas

Sebarkan artikel ini
Sejumlah Media Asing Ikut Soroti Aksi Bela Palestina di Monas
Sejumlah Media Asing Ikut Soroti Aksi Bela Palestina di Monas

Tapakbatas.com – Sejumlah media asing menyoroti aksi bela Palestina Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023).

Salah satunya adalah Arab News, media ini menyoroti Aksi Bela Palestina yang dilakukan oleh jutaan masyarakat Indonesia.

Arab News menuliskan, Indonesia adalah pendukung setia Palestina selama beberapa dekade, masyarakat Indonesia memandang kemerdekaan Palestina sebagai mandat konstitusi.

Selain itu, Arab News menukilkan Aksi Bela Palestina yang diselenggarakan di Monas, Jakarta merupakan aksi solidaritas Palestina terbesar sejak 7 Oktober yang lalu.

Arab News pun mengangkat Aksi Bela Palestina di Monas ini dengan bertajuk, “Solidaritas untuk Kemanusiaan: Ratusan ribu orang berunjuk rasa di Jakarta untuk Mendukung Palestina”.

Tak hanya Arab News, ternyata media pemberitaan The Palestine Chronicle juga menyoroti aksi solidaritas bela Palestina yang dilakukan masyarakat Indonesia.

Laporan berita mereka bertajuk “Dua Juta Orang Berbaris di Jakarta untuk Menunjukkan Solidaritas terhadap Gaza”.

The Palestine Chronicle menulis, “ini merupakan pertemuan publik terbesar di Indonesia sejak dimulainya agresi Israel di Jalur gaza yang terkepung pada tanggal 7 Oktober. Lebih dari 2 juta orang berpartisipasi dalam acara tersebut”.

The Straits Times yang berbasis di Singapura juga tak ketinggalan menyoroti aksi bela Palestina di Indonesia.

The Straits Times lebih banyak menyoroti hubungan kedua negara antara Indonesia dan Israel, dimana keduanya tidak memiliki hubungan diplomatik.

Dalam laporannya, “pada bulan Maret, anggota beberapa kelompok Muslim turun ke jalan di Jakarta untuk memprotes partisipasi tim sepak bola Israel di Piala Dunia FIFA U-20. Badan sepak bola dunia mencabut hak tuan rumah Indonesia menyusul meningkatnya perlawanan.”

The Straits Times menyoroti hubungan tendensi masyarakat Indonesia yang tidak begitu baik dengan Israel, seperti ketika tim sepak bola Israel ditolak datang ke Indonesia beberapa bulan yang lalu.

Selanjutnya, kanal TV pemberitaan yang berbasis di Istanbul, Turki, yaitu anews.com, juga menyoroti aksi bela Palestina di Indonesia.

Judul pemberitaan mereka adalah,“Ratusan Ribu Orang Berunjuk Rasa di Indonesia untuk Menuntut Gencatan Senjata di Gaza”.

Dalam laporannya mereka menulis, “acara tersebut diselenggarakan oleh kelo”pok pro-Palestina yang menamakan dirinya Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina dan didukung oleh Majelis Ulama Indonesia yang menyerukan gencatan senjata segera.”

Sekedar diketaui, menurut panitia penyelenggara aksi bela Palestina di Monas, jumlah peserta yang ikut hadir dalam aksi tersebut adalah mencapai 2 juta orang.

 

 

Editor : Ian

Running Text Milik Kejagung Diretas
Nasional

Tapakbatas.com– Kejagung Menbenarkan bahwa running text atau LED display yang dipasang di pintu masuknya telah diretas. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, I Ketut Sumedana mengemukakan pihaknya belum mengetahui siapa pelaku…

Pemeriksaan saksi di kantor Bawaslu, Jl Kusumah Bangsa Caile
Nasional

Tapakbatas.com– Mantan napi lolos jadi PPK, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Diperiksa Bawaslu Kabupaten Bulukumba. Selasa (21/5/2024). Para komisioner KPU ini dimintai keterangan setelah meloloskan seorang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan…

Sejumlah personel Polda Sulbar yang dilakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau pemecatan terkait penyalahgunaan narkoba dan kasus percaloan penerimaan casis Bintara Polri
Nasional

Tapakbatas.com– Polda Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan pemecatan atau Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap 12 personel Polri di daerah itu karena terlibat kasus penyalahgunaan narkoba dan kasus penipuan atau penggelapan…

Rumah Adik Syahrul Yasin Limpo di Makassar
Nasional

Tapakbatas.com– Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penggeledahan di rumah Andi Tenri Angka Yasin Limpo, adik  Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Kamis (16/5/2024). Kepala Bagian Pemberitaan KPK,…