News

Antusias Orang Tua Dampingi Anak MPLS Di SD Negeri Borong

×

Antusias Orang Tua Dampingi Anak MPLS Di SD Negeri Borong

Sebarkan artikel ini
Ibu Uni bersama para murid pemenang topi MPLS terfavorit

Tapakbatas.com – MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah sangat penting bagi anak-anak, tidak hanya untuk mengenal sekolahnya tapi juga bagi pendidikan karakter.

Pelaksanaan MPLS kali ini juga diharapkan mampu mendukung proses pembelajaran yang sesuai tujuan pendidikan.

Kegiatan MPLS itu mesti bersifat edukatif dan kreatif, tetapi tujuannya agar memberi kesan positif pada anak, sekaligus mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang ramah dan menyenangkan.

Melalui MPLS, anak diperkenalkan pada lingkungan sekolah, prasarananya, program-program yang dikembangkan, serta para pendidik dan tenaga kependidikan.

“Alhamdulillah, orangtua antusias melihat anak-anaknya mengikuti MPLS. Mereka datang sejak hari pertama sampai hari ketiga,” ungkap Neny Wahyuni Wahab, S.Pd, melalui pesan WhatsApp, Jumat (14 Juli 2023).

Ibu Uni yang juga merupakan guru kelas 1 SD Negeri Borong, melanjutkan bahwa orangtua bukan hanya mengantarkan anaknya ke sekolah, mereka bahkan menunggu anaknya hingga pulang.

Pembukaan MPLS di sekolah yang berada di Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar itu, ditandai dengan pelepasan balon warna merah putih.

Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Drs Hj Hendriati Sabir, M.Pd, memimpin langsung acara pembukaan saat itu.

Hendriati Sabir memberikan apresiasi atas rancangan kegiatan MPLS yang dibuat. Juga keterlibatan guru-guru dan semua pihak yang mensukseskan kegiatan MPLS yang berlangsung selama 3 hari, mulai Senin-Rabu, tanggal 10-12 Juli 2023.

MPLS di SD Negeri Borong punya beberapa rangkaian kegiatan. Pada hari pertama, pembukaan MPLS oleh Kepala Sekolah, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila.

Kemudian games edukatif dan kreatif untuk perkenalan guru dan siswa dan ice breaking.

Pada hari kedua, menampilkan video profil sekolah, lalu anak-anak diajak melakukan building tour atau mengunjungi fasilitas-fasilitas yang ada di lingkungan sekolah.

Anak-anak diajak melihat Perpustakaan Gerbang Ilmu, kantin sekolah, ruang kelas dan ruang guru.

Saat tur yang dibagi atas 3 kelompok ini, mereka didampingi oleh Evawaty Bahtiar, SP.d, Rosmiaty, S.Pd.I, dan Elyda Alawiah Mahmud. Pada hari kedua ini, juga ada games sambung-menyambung menyanyikan lagu Hari Pertama Sekolah.

Keriangan murid-murid kelas 1 di sekolah ini berlanjut pada hari ketiga. Ada kegiatan senam bersama Guruku Tersayang dan games edukatif. Untuk membangun kebersamaan, diadakan pula makan bersama, pada akhir kegiatan.

Khusus di hari keempat, kata Bu Uni, ada reward kecil bagi peserta didik baru. Penghargaan diberikan bagi topi MPLS dan ID card yang dinilai terunik dan terfavorit.

Ada 10 besar topi MPLS terunik dan terfavorit, yang dibuat berbentuk kerucut dan warna-warni cerah, dan motif menarik. (*)

Sejumlah kawanan pemotor yang ugal-ugalan terjaring Personel Sabhara Polrestabes Makassar
News

Tapakbatas.com – Sejumlah kawanan pemotor yang ugal-ugalan ditelikung Personel Sabhara Polrestabes Makassar Kawanan pemotor tersebut didominasi remaja belasan tahun yang berkonvoi keliling kota sambil menggeber suara knalpot brong. Beberapa dari…

News

Tapakbatas.com_ Indonesia hingga saat ini telah dipimpin oleh tujuh Presiden sejak kemerdekaan RI pada tahun 1945 lalu, mulai dari sang proklamator Soekarno hingga Joko Widodo (Jokowi). Harta kekayaan pejabat negara…

Panji Gumilang/Net
News

Tapakbatas.com_ Proses penanganan polemik di Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu kini bukan lagi jadi kewenangan Pemprov Jawa Barat. Sebab pemerintah pusat telah mengambil alih penanganan ponpes yang dipimpin oleh Panji Gumilang…