Politik

Demokrasi Sudah Tak Menyenangkan, Hukum Telah Dirusak MK

×

Demokrasi Sudah Tak Menyenangkan, Hukum Telah Dirusak MK

Sebarkan artikel ini
Budayawan Senior Goenawan Mohamad
Budayawan Senior Goenawan Mohamad

Tapakbatas.com – Demokrasi saat ini sudah tidak menyenangkan, tatanan hukum telah dirusak oleh Mahkamah Konstitusi (MK) di era kepemimpinan Presiden Jokowi.

Demikian dikatakan budayawan senior Goenawan Mohamad dalam diskusi beranda politik dengan tema “Demokrasi dan Ancaman Terhadapnya”, di Jalan Utan Kayu Raya, Matraman, Jakarta Timur.

Goenawan mengatakan, MK seharusnya menjadi “wasit” terhadap keselarasan kehidupan sosial dan konstitusi. Tetapi, belakangan MK justru merusak citranya sendiri.

“Kalau MK merusak, maka kepercayaan orang kepada wasit yang tidak memihak akan hilang dan kalau kepercayaan hilang maka konflik tidak bisa diatasi dengan damai,” kata Goenawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/10).

Goenawan mengungkapkan rasa kecewa, dengan kondisi demokrasi saat ini. Dia pun melihat respons dari masyarakat sangat luar biasa dari kondisi yang terjadi.

“Sudah jelas saya kecewa dan saya sudah menulis. Melihat itu, respons dari masyarakat luar biasa,” ungkapnya.

Sementara itu, Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia (UI) Sulistyowati Irianto, menilai keputusan pengadilan MK yang sangat dihormati telah kehilangan legitimasi dan miskin kredibilitas.

“Penyebabnya ada di ranah politik semua orang membicarakannya, soal nepotisme, kolusi, etika yang hilang,” katanya.

Itu berdampak pada ruang keluarga, jadi ada hubungan langsung antara negara dan ruang keluarga,” pungkasnya.

 

 

Editor : Ian

Rosan Roeslani sambangi rumah Megawati yang menggelar open house
Politik

Tapakbatas.com- Rosan Roeslani, Ketua TKN Prabowo-Gibran, menghadiri open house terbatas di kediaman Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri. Jusuf Kalla Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, menyebut silaturahmi itu sebagai pertanda…