Politik

KPU Tegur Gibran Gegara Mengompori Pendukung saat Debat

×

KPU Tegur Gibran Gegara Mengompori Pendukung saat Debat

Sebarkan artikel ini
KPU Tegur Gibran Gegara Mengompori Pendukung saat Debat
KPU Tegur Gibran Gegara Mengompori Pendukung saat Debat

Tapakbatas.com – Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, jadi sorotan karena dianggap mengompori pendukung saat debat perdana capres di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023) malam.

Gibran mengaku telah menerima semua teguran dan memohon maaf.

“Ya semua teguran dan evaluasi kami terima. Saya mohon maaf sepenuhnya,” ujar Gibran singkat sebelum bergegas masuk ke ruang kerjanya di Balai Kota Solo, Kamis (14/12/2023).

Gibran juga sempat ditanya soal alasannya melakukan hal tersebut, apakah memang sengaja ingin mengompori atau menunjukkan respeknya kepada Prabowo. Namun Gibran tak menjawab dan langsung masuk ke ruang kerjanya.

Dalam debat perdana tersebut, Gibran tampak terekam kamera saat capres Prabowo Subianto menjawab pertanyaan capres Anies Baswedan soal putusan MK yang berujung pada sidang MKMK.

Saat Prabowo menjawab, Gibran langsung berdiri dan menggerakkan tangan naik-turun diduga untuk membakar semangat pendukung.

“Apa perasaan Bapak ketika mendengar ada pelanggaran etika di situ?” tanya Anies pada Prabowo dalam sesi debat malam itu.

Prabowo kemudian diberikan waktu dua menit untuk memberikan jawabannya. Dalam jabatannya, Prabowo mengaku tim hukumnya sudah memastikan tak ada masalah dari segi hukum untuk menunjuk Gibran sebagai cawapres.

“Masalah yang dianggap pelanggaran etika sudah diambil tindakan dan keputusan, ya, waktu itu oleh pihak yang diberi wewenang kemudian sudah ada tindakan, dan tindakan pun itu masih diperdebatkan karena yang bersangkutan masih memproses. Tetapi intinya adalah bahwa keputusan itu final dan tidak dapat diubah, ya saya laksanakan, dan kita ini bukan anak kecil, Mas Anies,” jawab Prabowo.

Prabowo lalu menyebut, dalam pemilu, pemegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat. Jika rakyat menilai dirinya dan Gibran tak sesuai, mereka bisa memutuskan untuk tidak memberikan dukungan kepada paslon nomor urut 02 itu.

“Anda juga paham ya. Sudahlah ya. Sekarang begini, intinya rakyat yang putuskan. Rakyat yang menilai. Kalau rakyat tidak suka Prabowo-Gibran tidak usah pilih kami, saudara-saudara,” ujar Prabowo.

Saat itulah Gibran tiba-tiba berdiri dari tempat duduknya dan terlihat sedang mengompori para pendukung. Namun aksinya ini tak berlangsung lama karena ia langsung ditarik untuk duduk kembali.

“Dan saya tidak takut, tidak punya jabatan, Mas Anies. Sorry ye. Sorry yeee. Mas Anies.. Mas Anies.. saya tidak punya apa-apa, saya sudah siap mati untuk negara ini,” kata Prabowo.

 

 

Editor : Ian

Rosan Roeslani sambangi rumah Megawati yang menggelar open house
Politik

Tapakbatas.com- Rosan Roeslani, Ketua TKN Prabowo-Gibran, menghadiri open house terbatas di kediaman Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri. Jusuf Kalla Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, menyebut silaturahmi itu sebagai pertanda…