Global

Perang Israel dan Hamas Meluas, Kemlu Evakuasi WNI ke Lebanon

×

Perang Israel dan Hamas Meluas, Kemlu Evakuasi WNI ke Lebanon

Sebarkan artikel ini
Perang Israel dan Hamas Meluas, Kemlu Evakuasi WNI ke Lebanon
Perang Israel dan Hamas Meluas, Kemlu Evakuasi WNI ke Lebanon

Tapakbatas.com – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mulai merancang strategi evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) di Lebanon mengingat eskalasi konflik antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza yang melibatkan Lebanon.

Ketegangan di perbatasan Lebanon-Israel meningkat setelah bentrokan antara Hizbullah dan Israel sejak 7 Oktober 2023.

Konflik ini melibatkan kelompok bersenjata yang bersekutu dengan Iran di Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa evakuasi WNI sudah dibahas, mengingat jumlah WNI di Lebanon mencapai 217 orang.

Exit strategy sedang dipersiapkan oleh Direktur Perlindungan WNI, Judha, mengantisipasi kemungkinan memburuknya situasi di perbatasan Israel-Lebanon yang dapat memengaruhi WNI.

Retno menekankan bahwa pantauan tidak hanya terfokus pada Gaza tetapi juga negara-negara lain yang dapat terdampak oleh situasi di Gaza.

Sementara itu, pasukan penjaga perdamaian Indonesia di Lebanon tetap berada di sana tanpa perubahan mandat dari PBB.

Pada 21 Desember, serangan Israel ke Lebanon mengenai rumah warga di bagian selatan negara tersebut, menewaskan seorang wanita lansia dan melukai suaminya.

Serangan ini merupakan respons terhadap target-target Hizbullah di Lebanon. Kematian tersebut menambah jumlah korban sipil akibat serangan Israel di Lebanon selatan, termasuk wartawan dan anak-anak, menjadi sekitar 20 orang menurut catatan Reuters.

Hizbullah mengklaim telah kehilangan lebih dari 100 pejuang dalam konflik saat ini dengan Israel. Prancis juga menyatakan keprihatinan atas intensifikasi perang di Gaza oleh Israel. (ant)

China Bangun Pulau Baru di LCS (Foto : AP/Aaron Favila)
Global

Tapakbatas.com – Filipina geram dengan ulah China yang membangun pulau sengketa di kawasan Laut China Selatan (LCS). Tindakan China tersebut membuat Filipina mengerahkan Pasukan Penjaga Pantai Filipina (PCG) ke Laut…

100 Warga Rafah Tewas Dibantai Zionis Israel
Global

Tapakbatas.com – Zionis Israel melancarkan serangan besar-besaran di Kota Rafah, Gaza Selatan pada dini hari. Akibat serangan udara tersebut sebagian besar nyawa anak-anak dan perempuan itu tewas dibombardir. “Pesawat tempur…